Balita Dipaksa Puasa-balita sehat ceria

<b>Balita</b> Dipaksa Puasa-balita sehat ceria


<b>Balita</b> Dipaksa Puasa

Posted: 28 Aug 2010 07:55 PM PDT

Minggu cerah yang melelahkan jiwa.

Puasa di bulan Ramadhan hukum nya wajib bagi setiap umat muslim.Tentu bila dia sudah dewasa dan bukan dalam kondisi yang memperbolehkan nya tidak berpuasa.Contoh nya bila dalam keadaan sakit,sedang menempuh perjalanan jauh,dan mendapat jatah haid bagi yang perempuan.Akan tetapi mereka wajib membayar hutang puasa nya di lain waktu.

Yang menjadi kerisauan hati ku adalah ketika mendengar sebuah informasi yang berupa fakta bahwa ada orang tua yang memaksa anak balita nya untuk berpuasa.Mungkin maksud nya baik ingin mengajarkan tentang kewajiban puasa sedari dini.Namun akan terlihat kurang etis bila pola pendidikan nya itu terlihat di muka umum.

Maksud ku adalah,si balita tersebut menangis kelaparan dan meminta untuk makan,akan tetapi sang ibu dengan sabar dan lembut mengatakan bahwa sekarang masih belum waktu nya untuk makan.

Kejadian itu tepat terjadi di depan mata istri ku,ketika sedang menunggu Fathir anak ku yang sedang belajar di sebuah play group.Saat itu,sesuai penuturan istri ku,kebetulan di sekolah masuk waktu istirahat jadi anak-anak berkumpul untuk membuka bekal masing-masing.

Nah,terdengarlah tangisan dari mulut seorang bocah yang berusia sekitar 4 tahun.Yang merengek ingin minum dan makan kepada ibu nya.Sayang nya sang ibu tidak mengijinkan dan berusaha menjelaskan bahwa saat itu si anak sedang berpuasa jadi belum waktu nya makan apalagi minum.

Cukup lama balita tersebut menangis sekaligus membuat sedikit jengkel para ibu-ibu orang tua siswa play group yang lain nya.Kok tega sekali masih berumur 4 tahun sudah diajarkan puasa dalam tanda kutip dipaksa berpuasa.

Padahal bila kita mau sedikit menelaah lebih lanjut tentang syarat wajib berpuasa antara lain adalah;Islam,berakal sehat,baligh ( sudah cukup umur ) dan mampu.Sudah cukup umur dalam pandangan ajaran agama yaitu bila perempuan sudah mendapat haid sedangkan pria sudah mendapatkan mimpi basah.

Bila memang orang tua hendak mengajarkan ibadah puasa pada anak-anak nya.Sebaik nya di mulai pada saat dia menginjak sekolah dasar.Itu pun tidak harus penuh hingga Adzan Maghrib berkumandang.Mungkin sering kita dengar tentang puasa Bedug ( Jawa ).Arti nya puasa hingga tengah hari,boleh makan dan minum ketika terdengar suara adzan Dhuhur,setelah itu diteruskan lagi puasa nya.

Kalau masih balita,lalu kemudian kita sebagai orang tua ingin dipandang sok alim dengan memaksa anak nya menjalankan puasa,Masya Allah,aku kira sudah selayak nya Komnas Perlindungan Anak turun tangan.

Islam adalah agama yang penuh kasih sayang,sebagaimana dicontohkan oleh junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.Jangan sampai menodai kesucian puasa kita dengan menunjukkan ego sebagai orang tua terhadap hak anak yang masih dibawah umur ( 4 tahun ) untuk memaksanya tidak makan dan minum.

Padahal di hadapan nya,teman-teman nya bergerombol tertawa riang menikmati bekal makanan dan minuman.

Sekedar berbagi inspirasi,betapa anak adalah mutiara hati yang wajib dijaga dan dirawat penuh dengan kasih sayang.Dan bukan diperlakukan kejam dengan kedok ajaran agama.

Salam.


Tags: dedy, hikmah

0 Response to "Balita Dipaksa Puasa-balita sehat ceria"

Posting Komentar