Tanda-tanda anak dan balita kurang gizi | Sobatsehat[dot]com-balita sehat ceria

Tanda-tanda anak dan <b>balita</b> kurang gizi | Sobatsehat[dot]com-balita sehat ceria


Tanda-tanda anak dan <b>balita</b> kurang gizi | Sobatsehat[dot]com

Posted: 19 Sep 2010 12:40 AM PDT

Tanda-tanda anak dan balita kurang gizi

Tidur, Gurin, dan Meditasi [Features - 32]

Posted: 18 Sep 2010 11:56 PM PDT

Tidur sangat dipengaruhi seksualitas, gaya hidup, dan tekanan psikologis — sebaliknya seks adalah obat tidur yang sangat efektif untuk kesehatan anda. Apa maksudnya Seksualitas — oh, seorang wanita atau pria tentu durasi kebutuhan tidurnya saling berbeda, karena peran dan kegiatannya sehari-hari berbeda — tidur kecuali balita, tentu sangat ditentukan kebutuhan pemulihan kepenatan karena beban kegiatan. Gejala kekurangan tidur — yang telah mempengaruhi kesehatan tubuh, mengganggu metabolisme, organ tubuh atau pun psikologis — tampak dari gejala kelelahan.

 

 

Jadi kebutuhan tidur sangat pribadi — tetapi bahwa manusia harus tidur cukup adalah wajib — karena tubuh membutuhkan pemulihan dan kesempatan melakukan perbaikan-perbaikan sementara manusia tertidur.

 

 

Itulah gejala-nya, letih dan lelah — cukupkan tidur anda, sebelum sinyal itu akan lebih merongrong kesehatan jiwa raga anda. Mengapa jadwal tidur anda minim ? Apakah tidur anda mengalami gangguan tidur, karena sering mengalami nafas terhenti (?), tersentak beberapa kali selama tidur malam ? Perhatikan, apabila anda bertubuh gemuk — dan mengalami gangguan saluran pernafasan bagian atas, ditandai dengan "mengorok" dalam pernafasan anda —- Kardiologis Nieca Goldberg, MD, Direktur NYU Medical Center Women's Heart program, anda perlu konsultasikan hal itu, karena kalau tidak ditangani bisa menyebabkan stroke atau serangan jantung.

 

 

Walaupun tidur seseorang sangat bersifat pribadi — kalau anda 5-6 jam tidur, tetapi anda masih merasa letih dan tidak fit — tidurlah lebih lama dalam sehari. Tidur rata-rata untuk seorang yang normal adalah 7 sampai 8 jam sehari. Tidurlah dengan teratur dalam durasi yang sama tiap malam. Tingkat umur juga sangat menentukan kebutuhan masa tidur — sesuaikanlah, ukurannya 7-8 jam sudah cukup, sebaliknya mungkin seorang lansia merasa cukup 5-6 jam, tidak apa-apa — selama tubuh tidak memberikan sinyal gejala pada organ tubuh atau suasana psikologis anda (kerabat anda, anak atau siapapun perlu memperhatikan sinyal lansia di lingkungan anda).

 

 

Memang ada yang mengkategorikan tidur yang harus dicapai. Yakni tidur yang berkualitas ! Apalagi seandai-nya anda seseorang yang secara psikologis bekerja di lingkungan, hasil kerja di dalam kerangka jadwal/dead-line, tekanan fokus perhatian – mutu – jumlah produk atau kualitas produk.

 

Jadi bagaimana menentukan kualitas tidur : ya- pulas dan puas, badan segar………dan bangun-nya. Kesadaran anda pertama kali……….pada detik-detik awal ……….menampilkan satu kata saja yang positif : Segaaaaaaaar-kah – sehaaaaaaaaat, atau makmuuuur, nyaman dan diikuti senyum dan pemikiran untuk memulai hari dengan gembira dan suka cita. Kata pertama, sikap dan suasana hati di awal kesadaran itu namanya ………..representasi anda. (positif-kanlah !).

 

 

Apa manfaat tidur 7-8 jam yang berkualitas baik, dan bagaimana mensiasatinya ?

 

v Tempat dan ruangan tidur hanya untuk kegiatan tidur saja (jauhkan alat tontonan – itu akan mengganggu bawah sadar anda dan tidur anda.

v Belajar cara relaksasi, yoga ataupun meditasi (atau buat saja kreasi relaksasi cara anda sendiri !). Gunakan musik relaksasi yang meninabobok-kan.

v Bangunlah pada jam yang sama (agar tercipta jam biologis anda ! ,akhirnya anda tidak memerlukan alarm — apabila anda memerlukan maju beberapa menit atau jam pun secara biologis akan terlatih)

v Jangan meminum minuman berkafein dalam 5-6 jam sebelum waktu tidur. Apalagi yang beralkohol

v Jangan menikmati makanan berat sebelum waktu tidur. Pekerjaan mencernakan makanan oleh lambung juga akan menghabiskan energi anda — bangun bisa masih merasa kelelahan.

 

 

Tidur yang pulas, tidur yang nyenyak — menciptakan semangat kerja, tenaga dan suasana hati yang sumringah. Juga ini……….kalau ada pasangan seks — lakukanlah. Seks tidak selamanya koitus lho,lakukanlah sesuka-mu .

 

Paling tidak, jangan membawa kedongkolan, kekesalan, dan kebencian menjelang tidur.

 

Lho apa pula kegiatan tidur Gurin ?! Ini pola tidur — ini kiat tidur yang produktif dan sangat bermanfaat ! Waktu libur begini, di tempat tidur, di sofa, di mana saja — tidurlah secara Gurin……….(begitu pula di jam istirahat kerja anda)

 

ü Nikmatilah istirahat anda — rasakan semua ruas-ruas seluruh tubuh anda (seperti sikap Tuma'ninah dalam Sholat), kirim sinyal otak anda bahwa semua normal dan sehat. Ikuti perjalanan dan petualangan abstraksi mental anda .

 

Kemana ? Memandang apa ? Berjumpa dengan siapa ? Berbuat apa ? Dengan siapa ? Merencanakan apa ? Silahkan apa saja — yang positif dan menghibur Jiwa anda.

ü Kalau tertidur bagus — tidak tertidur lanjutkanlah lamunan anda – khayalan anda. Rasakan nikmatnya (tentunya usir semua yang akan menyusup, yang bersifat negatif).

 

 Gurin adalah praktek luar biasa — kombinasi antara sadar dan bawah sadar anda.

 

 

Pada saat anda tertidur, otak bekerja seminimal mungkin — selanjutnya Kemampuan Bawah Sadar anda yang bekerja plus alat-alat sensor di tubuh anda. Tubuh dan jiwa anda tetap dalam kewaspadaan — Alhamdu lillah !

 

 

Samakah gurin dengan tidur ayam atau leyeh-leyeh ? Tidak ! Tidur ayam anda menginginkan tidur — fokus akan menidurkan diri, bisa berhasil, bisa tidak berhasil — jangan-jangan anda malah menyesal. Mengapa tidak bisa tidur sih.

 

Leyeh-leyeh mirip, tetapi selalu ditingkah dengan kegiatan fisik terbatas — bisa tertidur bisa tidak. Manfaatnya hanya menuju istirahat.

 

 

Jadi Gurin apa dong ? Beristirahat, berbicara dengan tubuh secara mental, secara spiritual — memelihara memori, memelihara dengan akrab kemampuan Bawah Sadar anda — plus beristirahat, rehat dan mungkin sampai tertidur walau sebentar. Pasti sangat berkualitas !

 

 

Meditasi – Meditate v reflect deeply, esp. on spiritual matters, think about or plan. Meditation n, meditasi — oh, silahkan saja belajar pada gurunya, atau beli buku tentang meditasi — ini juga kegiatan yang sangat bermanfaat — mau yang mendekati ritual keagamaan Buddha, bisa — Mick Jagger The Rolling Stones, saat ini jauh-jauh ke Laos, hanya karena ingin melakukan meditasi dengan secara Agama Buddha, apa yang akan dicapai-nya dengan meditasi, tentunya ketentraman spiritual — jadi meditasi dapat pula dengan cara, yang mendekati keagamaan apa pun, boleh sesuai dengan yang dianut. — ciptakan saja Meditasi-mu, baca prinsip-prinsip Tubuh dan Jiwa, bagaimana — gunakan akal dan inovasi untuk diri Anda sendiri. Meditasi adalah cara manusiawi belaka.

 

 

Ini prinsip Meditasi :

Ø Ber-kontemplasi atau ber-refleksi mencapai tingkat kesadaran mental atau spiritual tertentu (anda Muslim, gunakan pengertian Tauhid dan hasil pengajian anda — mau zikrullah, bagus; mau menyadari Sifat-Sifat Allah, baik; mau menyadari Asma'ul Husna dalam kehidupan nyata secara spiritual bisa tercapai — mau cara Sufi bisa juga.) Lho ! Apa pun agama anda sesuaikanlah pendekatan kontemplasi atau refleksi jiwa anda.

Ø Mau yang duniawi — bisa pilihlah doa, nilai-nilai positif yang ingin dicapai atau dipunyai.

Ø Jadi dalam keadaan pengertian Meditasi boleh berdoa — ya boleh saja. O- sedang iktikaf anda melakoni cara meditatif, boleh saja —- karena inti laku meditasi adalah komtemplasi dan refleksi — daya kemampuan Tubuh dan Jiwa. (Sikap ritual yang bertentangan dengan aqidah dan adab berdoa, tidak perlu anda lakukan).

Ø Kontemplasi dan Refleksi adalah kemampuan Transcendental Tubuh dan Jiwa anda yang di-anugrahkan-Nya !

 

Lantas apa maksud berbuat Tidur – Gurin – Meditasi :

Menyelaraskan Kemampuan Tubuh dan Jiwa anda dengan tuntutan Budaya modern — yang menuntut dan menekan hidup anda.

 

Tidur, Gurin, dan Meditasi adalah prilaku dan gaya hidup yang produktif !

 


0 Response to "Tanda-tanda anak dan balita kurang gizi | Sobatsehat[dot]com-balita sehat ceria"

Posting Komentar