Senangnya Bermain Sambil Berhitung

Lifestyle » Family » Senangnya Bermain Sambil Berhitung

Senangnya Bermain Sambil Berhitung

Sabtu, 30 Oktober 2010 - 06:06 wib

(Foto: gettyimages) “Satu, dua, tiga...” Dio berhitung sambil menyusun balok mainan. Mama yang mendengar dari balik dinding dapur tersenyum bangga. Bagaimana tidak, pada usia dua tahun, Dio sudah bisa berhitung walau baru angka satu sampai lima.

Berhitung Itu Mudah

Masa batita merupakan masa untuk mengenal segala hal, seperti mengenal huruf, angka dan gambar. Secara tidak langsung mungkin banyak di antara Moms yang sudah mengenalkan bilangan kepada si kecil dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya pada saat membuat susu, Moms menyebutkan hitungan sendok susu ke dalam botol dengan keras, “Satu, dua, tiga sendok.” Nah, semenjak itu si kecil menjadi hafal karena sering mendengar Moms mengatakannya.

Ya, mengenal bilangan, menghafal bilangan, dan belajar konsep bilangan sederhana sudah bisa dilakukan pada usia toddler. Agar suasana menjadi menyenangkan pada awal mengenalkan bilangan pada si kecil, gunakan cara menghafal. Anda bisa memasukkan bilangan-bilangan tersebut dalam nyanyian atau dalam aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, ia tak ubahnya seperti sedang bermain.

Dilarang Memaksa

Mengenalkan bilangan pada anak batita sangat baik guna menambah kosa katanya, selain itu juga bermanfaat untuk mengenalkan konsep sederhana seperti bilangan 1, 2, dan 3.

Awal pengenalan si kecil terhadap angka ialah dengan menyebutkan angka dari satu dan seterusnya. Semakin ia dilatih maka kemampuan berhitungnya akan semakin meningkat. Untuk itu, setiap ada kesempatan, ajak si kecil berhitung dimana dan kapan saja. Tapi ingat, jangan menuntut anak untuk bisa langsung memahami atau menghafal dengan benar, ya?

Tindakan pemaksaan sangat tidak dianjurkan. Biarkan anak memahami dengan kemampuannya sendiri. Tak perlu terburu-buru! Ulangi pengenalan bilangan pada kesempatan lain, begitu seterusnya. Perlu dipahami, proses pemahaman anak batita belum bisa konsisten. Mungkin hari ini ia bisa menghitung dari angka satu sampai tiga, tapi belum tentu keesokan harinya.

Jadilah Kreatif

Rahasia sukses mengenalkan bilangan kepada si kecil adalah: kreativitas. Benar! Moms harus berkreasi dan kreatif saat mengajar. Tak sulit koq. Lingkungan rumah dan benda sekitar selalu bisa dijadikan sarana belajar bagi si kecil. Ia akan lebih mudah belajar jika ada bentuk nyata (benda) yang bisa dihitungnya. So, tunggu apalagi, ajak ia bermain sambil berhitung. 1, 2, 3...

4 Tip Mengajarkan Bilangan

1. Ingatlah, usia toddler bukan usia belajar formal, jadi ciptakan suasana belajar seperti suasana bermain. Suasana menyenangkan membuat si kecil lupa bahwa sebenarnya ia juga sedang belajar.

2. Metoda mengajarkan bilangan harus lewat permainan-permainan. Banyak permainan yang menggunakan angka-angka.

3. Mulailah dengan mengenalkan serta menstimulasi si kecil untuk menghafal urutan bilangan 1, 2, dan 3 (usia 1 tahun). Jika ia sudah mulai bisa menghafal sampai angka 5 lanjutkan hingga hitungan 10 (usia berkisar 3 tahun).

4. Selain mengenalkan bilangan, anak usia toddler juga dapat dikenalkan pada konsep matematika sederhana, misalnya menyamakan benda.

101 Ide Kreatif Mengenal Angka

Begitu banyak cara mengenalkan angka pada si kecil. Anda bisa memulainya dengan cara sederhana. Yuk, contek ide seru di bawah ini!

Di rumah

- Pada saat mandi, bawa beberapa mainan. Kemudian hitung sambil bernyanyi.

- Saat memakaikan baju si kecil, hitunglah jumlah kancing bajunya. “Satu, dua, tiga...”

- Coba amati jam tangan atau jam dinding bersama si kecil, sebutlah angka satu sampai dua belas sambil menunjuk angkanya.

- Menghitung bola berdua dengan si kecil. Semakin sering diulang maka si kecil akan semakin mudah mengingatnya.

- Pada saat Anda dan si kecil berjalan atau naik tangga, hitung perlahan jumlah langkah kaki. Ajak ia menghitung bersama, satu, dua, tiga...

- Belajar bilangan dengan menghitung jari tangan dan kaki. Biasanya anak-anak senang diajak menghitung jari tangan dengan memegang ujung-ujung jari dan sedikit memijat-mijat, lalu ajak juga dia untuk menghitung jari tangan Moms.

- Kenalkan permainan kartu seperti puzzle abjad dan angka. Ajak bermain bersama dengan teman atau saudara ketika berkumpul.

- Jika ada matras alphabet dan angka, ajak ia bermain sambil menyebutkan angka dan mengingat simbol bilangannya.

- Letakkan angka pada daerah yang terjangkau pada pintu dan tempat lain yang sering dilewati si kecil. Gunakan pita untuk menggantung angka yang sudah dibuat pada kertas karton berwarna. Moms bisa mulai mengajarkan si kecil bagaimana cara menghitung angka.

- Berikan buku angka yang ada gambarnya. Pada usia batita anak senang sekali mencoret-coret. Biarkan ia mengenal simbol angka-angka.

- Kenalkan permainan-permainan seperti ular tangga, monopoli, atau halma. Lakukan sambil bermain, misalnya jika dadu menunjukkan jumlah 5, minta anak bertepuk tangan 5 kali. Atau jika dadu menunjukkan jumlah 3, minta anak meloncat 3 kali.

- Ajak si kecil menghitung benda yang berbeda jumlahnya. Misalnya, di kotak mainannya ada 3 bola, di kotak lainnya ada 1 boneka. Jelaskan bahwa 3 lebih banyak daripada 1.

- Saat merapikan mainan si kecil, hitung mobil-mobilan miliknya. Tanyakan berapa jumlah semua mobil-mobilannya?

- Cari snack yang berbentuk lucu (beruang, cincin, ikan). Ambil 10 dan taruh di mangkuk yang lucu. Biarkan dia memakan satu, lalu hitung sisanya berapa. Ketika makan untuk kali ke-2, lalu hitung lagi sisanya, begitu seterusnya. Hal ini bagus baginya untuk belajar penjumlahan dan pengurangan.

- Masih ingat lagu “Balonku Ada Lima, Dua Mata Saya, Satu Satu Aku Sayang Ibu?” Jangan ragu menyanyikan lagu-lagu tersebut untuk membuat anak akrab dengan angka.

Di luar rumah

- Saat sedang di tempat bermain, manfaatkan aktivitas anak seperti melompat atau melempar bola. Ajak ia melakukannya sambil berhitung.

- Ajak si kecil menghitung lampu-lampu taman saat berada di sana.

- Menghitung jumlah kuda pada karusel saat sedang di tempat bermain di mal.

- Ajak anak ke toko buah, minta ia mengambilkan tiga buah apel untuk dimasukkan ke dalam kantong plastik. Tanyakan pada si kecil, berapa banyak jeruk yang dibeli oleh Moms.

- Ketika berjalan-jalan keliling kota, Anda bisa mengenalkan angka kepadanya melalui angka-angka yang tertulis di pelat mobil, toko, atau bilboard. Mengenali angka 0-20 adalah keterampilan yang penting pada usia toddler.

- Ajak si kecil berjalan-jalan di sekitar komplek dan menghitung berapa roda alat-alat transportasi yang dijumpai.(Mom& Kiddie//ftr)

0 Response to "Senangnya Bermain Sambil Berhitung"

Posting Komentar