Polda Bali Gagalkan Puluhan Imigran Timur Tengah-balita sehat ceria

Polda Bali Gagalkan Puluhan Imigran Timur Tengah-balita sehat ceria


Polda Bali Gagalkan Puluhan Imigran Timur Tengah

Posted: 20 Feb 2011 07:12 AM PST


"Ada sejumlah 52 orang imigran asal Timur Tengah kami amankan di Perairan Kubu, Kabupaten Karangasem, Sabtu (20/2) malam," kata Direktur Pol Air Polda Bali AKBP Agus Doeta Supranggono dihubungi dari Denpasar, Minggu.

Petugas Pol Air Pos Kubu, yang melakukan patroli rutin sekitar pukul 18.30 Wita melihat ada kapal motor yang biasa mengangkut kayu terlihat mencurigakan.

"Kapal motor tersebut ternyata juga membawa muatan orang, sehingga segera kami lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui puluhan orang tersebut tidak mengantongi identitas atau dokumen sah apapun, sehingga polisi langsung mengamankannya untuk penanganan lebih lanjut.

Para penumpang gelap itu berangkat dari pelabuhan di Sumenep, Madura, menggunakan KM Bunga yang bermuatan kayu dan dinahkodai oleh Adi (22) asal Lombok Timur, NTB.

Usai menjalani pemeriksaan, malam itu juga sekitar pukul 20.00 Wita, seluruh penumpang gelap tersebut dievakuasi dan dibawa ke Denpasar.

Saat ini, imigran gelap itu masih dalam pemeriksaan intensif tim Satgasda People Sumggling Polda Bali, dan seluruhnya kondisinya sejauh ini dalam keadaan sehat.

Agus menjelaskan, dalam kasus penanganan kasus ini sinergis, yakni usai penangkapan mereka lalu diserahkan ke Satgasusda Polda Bali.

Selain itu, karena mereka sebenarnya merupakan korban konflik di negaranya dan bukan melakukan tindak pidana, sehingga penanganan yang dilakukan sangat hati-hati.

Dari pendataan yang dilakukan, 52 imigran itu terdiri 50 orang asal Afghanistan dan dua lainnya asal Iran. "Dua orang di antaranya wanita, selain ada yang masih balita," katanya.

Layaknya imigran, mereka meninggalkan negaranya untuk pergi ke negeri tujuan dalam hal ini Australia, guna mencari suaka dan bekerja di negara tersebut.

Agus menambahkan, kasus penyelundupan imigran tersebut menjadi salah satu program revitalisasi Polri karena kasusnya termasuk menonjol, meski Bali bukan menjadi daerah tujuan namun sekadar transit.(*)

(T.T007/M026)

Editor: Ruslan
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Kampanye Sadar Gizi, Istri Gubernur Bagikan Telur dan Susu

Posted: 20 Feb 2011 01:52 AM PST

--> Bandung - Kampanye pangan asal hewan halal, aman, utuh, dan sehat (PAH HAUS), Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jabar Netty Prasetiyani Heryawan bagikan telur rebus dan susu kepada balita di acara car free day di Dago, Minggu (20/2/2011).

Menurut Netty, masalah gizi buruk disebabkan beberapa faktor antara lain masalah kemiskinan, pendidikan masyarakat dan perilaku sosial yang belum sadar gizi.

"Tidak hanya masyarakat miskin yang kena gizi buruk, tapi yang berkecukupan juga terkena. Hal ini terjadi karena perilaku masyarakat yang tidak memperhatikan pola hidup sadar gizi serta belum sadar pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," ujarnya dalam rilis yang diterima detikbandung.

Lebih lanjut Netty menambahkan permasalahan gizi merupakan ancaman serius terjadinya lost generasi. Untuk itu permasalahan ini harus mendapat perhatian
serius dengan melibatkan instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat.

Sebab, kata dia, keunggulan sumber daya manusia bukan hanya ditentukan oleh seberapa besar IQ yang dimiliki oleh anak, tetapi juga oleh perkembangan fisiknya yang sehat

Dengan asupan gizi yang baik, maka diharapkan akan bisa menumbuh kembangkan anak-anak yang kuat dan sehat fisiknya serta cerdas pemikirannya.

"Bukan Cuma seberapa cerdas ia membangun hubungan personal dan intra personal, serta bagaimana ia memiliki kekokohan emosional saja, tetapi justru berbagai
kecerdasan itu bisa kita tumbuh kembangkan," tutur istri gubernur ini.

(ern/ern)

0 Response to "Polda Bali Gagalkan Puluhan Imigran Timur Tengah-balita sehat ceria"

Posting Komentar