`Saya Puas Dapat Berobat Gratis` | Poskotanews.com-balita sehat ceria

`Saya Puas Dapat Berobat Gratis` | Poskotanews.com-balita sehat ceria


`Saya Puas Dapat Berobat Gratis` | Poskotanews.com

Posted: 16 Jul 2011 10:17 PM PDT

JAKARTA (Pos Kota) – “Meskipun saya harus antre mulai jam 6 pagi, sekarang saya sudah puas lantaran saya sudah mendapat pelayanan kesehatan gratis, dan yang lebih penting lagi bahwa hari ini saya bisa berjabat tangan langsung dengan Ketua Umum Jalasenastri", tutur Ny. Sukarsih,69, salah satu pasien yang baru saja periksa mata, pada bakti sosial kesehatan yang digelar para istri prajurit TNI Angkatan Laut (Jalasenastri), di Balai Pengobatan (BP) Kompleks TNI AL Sukamanah, Jonggol, Bogor.

Pagi itu, suasana di Kompleks tersebut terasa sangat beda. Setidaknya ada enam kegiatan akbar yang digelar secara maraton, antara lain: bakti sosial kesehatan, olah raga bersama, lomba Balita sehat, lomba kebersihan lingkungan, lomba merias nasi kuning, serta penanaman pohon.

Sedikitnya 1000 pasien yang tak saja bersumber dari warga Komleks TNI AL melainkan juga datang dari berbagai desa di Kecamatan Jonggol dan sekitarnya itubertumpah ruah membanjiri halaman Balai Pengobatan (BP) Kompleks TNI AL Sukamanah, demi mendapatkanberbagai pelayanan kesehatan, antara lain: pengobatan umum, gigi, mata (katarak), operasi bibir sumbing, KB, dan khitan.

"Untuk operasi katarak dan operasi bibir sumbing, memang sudah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya di RSAL Mintohardjo dan Ladokgi R.E. Martadinata, Jakarta, tapi masih memerlukan perawatan intensif, dan harus tuntas sampai sembuh", terang Ketua Umum Jalasenastri Ny, Lilik Soeparno ketika ditemui penulis di sela-sela acara yang berlangsung sehari itu.

Ketika ditanya apa alasannya memilih tempat untuk menggelar kegiatan ini di Jonggol, orang nomor satu di Jajaran Jalasenastri itu mengatakan bahwa Jonggol jauh dari rumah sakit dinas (RSAL), sehingga memerlukan perhatian khusus.

Bagaimana dengan para prajurit dan keluarganya yang berdinas dan bertempat tinggal di daerah-daerah? tanya penulis. Untuk daerah, kita punya ketua-ketua daerah yang tentu saja diharapkan mampu mewakili kebijakan dari atas. Selain itu, tiap melakukan kunjungan kerja atau dalam rangka dinas yang lainnya, saya sering sempatkan diri untuk melakukan hal serupa di daerah itu, jawabnya sembari melontarkan senyum khasnya.

Sementara itu, menyoal dibukanya kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk turut menikmati pelayanan kesehatan gratis itu, istri Kepala Staf Angkatan Laut itu mengatakan bahwa hal itu dilakukannya sesuai tema yang telah dibuatnya, yakni " Dilandasi semangat kebersamaan, Jalasenastri bertekad meningkatkan kepedulian sosial dalam memajukan pendidikan dan kesejahteraan prajurit TNI AL serta lingkungannya".

Bakti sosial yang melibatkan 100 tenaga medis dan paramedis serta didukung 50 tenaga lainnya itumerupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT Ke 65 Jalasenastri yang jatuh pada 29 Agustus mendatang.

Kegiatan bakti sosial ini mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat setempat. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang berbondong-bondong untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai wujud kepedulian pemimpin dan keluarga besar TNI AL, pada kesempatan

tersebut Ketua Umum Jalasenasti yang juga Ketua Yayasan Hangtuah didampingi Wakilnya Ny.Penny Marsetio dan Ketua Panitia HUT Jalasenastri ke 65 Ny Slamet Yulistiono, serta para pengurus lainnya memberikan bea siswa kepadapara siswa berprestasi dari SD dan SMP Hangtuah.

Sementara itu, pada hari dan tempat yang sama, dihelat pula lomba Balita Sehat yang diikuti perwakilan dari tiap Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut wilayah Jakarta.

Masih dalam rangka menyambut HUTKe 65 Jalasenastri,pagi-pagi sebelum semua macara tersebut digelar, dilakukan pula olah raga bersama yang terdiri dari senam aerobik dan jalan santai mengelilingi Kompleks TNI AL Sukamanah, Jonggol.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Jalasenastri itu juga sempat melakukan penanaman pohon mangga di Kompleks tersebut, bersama Camat Jonggol dan Kepala Desa Sukamanah, disaksikan Kadiskesal Laksma TNI DR. Sakti Hoetama, Dan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Arief Suherman, serta seluruh undangan yang hadir.

Ada hal unik dalam acara yang mendapat antusias masyarakat sekitar tersebut. Adalah Ny Suwarti Joko Triatmo (46 th) dan Ny Muhdar (46 th), salah satu tim dari 34 tim yang ikut lomba mewarnai nasi kuning, demi bisa ketemu langsung dengan Ketua Umum Jalasenastri, mereka rela berpuasa dan tidak tidur selama 2 hari 2 malam. Alhasil, mereka merasa lega ternyata niatnya itu terkabulkan lantaran pucuk pimpinan Jalasenastri benar-benar hadir untuk melihat langsung hasil karyanya sembari melakukan perbincangan santai.

Hatinya bertambah gembira tatkala mendengar pengumuman dari panitia bahwa timnya yang dari Komleks TNI AL Citra Indah itu berhasil meraih juara satu,mengungguli 33 tim lainnya, dengan nilai 634.

Semua rangkaian acara berakhir dengan sambutan tepuk tangan meriah tatkala Ketua Umum Jalasenastri menyempatkan diri untuk menyanyi sebuah lagu melayu berjudul Laksana Raja di Laut, diiringi dengan musik yang dimainkan oleh para prajurit TNI AL sendiri.

Sembari beranjak meninggalkan tempat acara, pucuk pimpinan Jalasenastri itu masih menyempatkan diri untuk menyalami satu per satu seluruh panitia dan masyarakat yang masih setia menanti hingga acara selesai, bahkan beberapa diantaranya ada yang diberi tali asih.

(dispenal/syamsir)

0 Response to "`Saya Puas Dapat Berobat Gratis` | Poskotanews.com-balita sehat ceria"

Posting Komentar