Cegah Stres pada Anak-balita sehat ceria

Cegah Stres pada Anak-balita sehat ceria


Cegah Stres pada Anak

Posted: 29 Mar 2012 03:32 AM PDT

Cegah Stres pada Anak

Hindari sikap obsesif serta otoriter pada anak.

HARGA BBM NAIK, PKS: Perempuan dan Anak Jadi Korban Paling Menderita Akibat Kenaikan Harga BBM

Posted: 29 Mar 2012 01:40 AM PDT


  

RMOL. Dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) seperti efek domino yang akan berujung pada rembetan kenaikan harga berbagai hal mulai dari biaya transportasi, sembako, dan kebutuhan harian lainnya. Dan di ujung itu semua, perempuan dan anaklah yang akan merasakan derita paling awal dan paling berat.

Perempuan dalam hal ini isteri dan ibu, umumnya mengatur dan mengelola keuangan rumah tangga. Ibarat menata APBN, dengan anggaran yang ada, maka kenaikan harga sayur mayur, beras, minyak, telur, biaya transport, bahan sandang dan bahkan kemungkinan juga biaya jasa, akan membuat para ibu akan mengambil jalan paling mudah. Yaitu  memangkas kualitas dan kuantitas makanan di dalam rumah.

"Kalau makanan dalam keluarga terkurangi jumlah dan kualitasnya, siapa yang berkorban paling dulu? Umumnya kaum ibu. Dan siapa yang terkena efek paling buruk? Anak, utamanya balita," kata anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ledia Hanifa, kepada Rakyat Merdeka Online beberapa saat lalu (Kamis, 29/3).

Padahal, Ledia mengingatkan, jumlah perempuan yang sekitar 118 juta dan anak usia balita yang sekitar 22 juta merupakan lebih dari separuh total penduduk Indonesia yang 237 juta jiwa. Bila kondisi kecukupan dan kelengkapan gizi yang mereka asup tidak terpenuhi, dapat dibayangkan betapa suramnya kondisi masyarakat Indonesia ke depannya.

Balita, masih kata Leida, sangat perlu kecukupan dan kelengkapan gizi. Begitu pula ibu hamil dan menyusui. Tetapi sayangnya seringkali merekalah yang justru paling awal terkoreksi asupan makanan sehat bergizinya setiap kali beban ekonomi meningkat.

"Pada awal 2012 ini saja, Indonesia sudah menjadi juara kelima di dunia untuk negara dengan banyaknya jumlah anak bertubuh pendek yang diakibatkan kurang gizi, apa pemerintah mau 'naik peringkat' dengan membiarkan daya beli masyarakat melemah seiring kenaikan BBM?" sindir Leida. [ysa]

0 Response to "Cegah Stres pada Anak-balita sehat ceria"

Posting Komentar