Makanan Bergizi & Susu Baik untuk Anak-balita sehat ceria

Makanan Bergizi & Susu Baik untuk Anak-balita sehat ceria


Makanan Bergizi & Susu Baik untuk Anak

Posted: 24 May 2012 05:36 AM PDT

GEJALA susah makan sering menyerang balita. Inilah yang membuat kekhawatiran bagi para orangtua. Karena itu, setiap orangtua diwajibkan mengetahui dan mensiasati agar anak dapat mengonsumsi makanan bergizi sehingga tumbuh sehat.

Ini Penyebab Masyarakat Indonesia Kurang Konsumsi Susu

Posted: 24 May 2012 05:06 AM PDT

PEMENUHAN gizi harian pada usia pertumbuhan anak tidak hanya didapatkan dari makanan empat sehat lima sempurna, kebutuhan susu pun penting untuk melengkapi gizi sang anak. Sayangnya, masyarakat Indonesia masih menempatkan kebutuhan susu di posisi buncit.

Tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya susu bagi buah hati masih sangat rendah. Maklumlah, persepsi susu sejak dulu memang diidentikkan dengan minuman kalangan elit. Pada 1950-an setelah kemerdekaan Indonesia, susu ditempatkan pada posisi terakhir karena waktu itu bangsa Indonesia baru saja merdeka di mana keadaannya sangat sulit sekali untuk mendapatkan makanan layak, apalagi minum susu.

Menanggapi hal tersebut, Dosen dari Departemen Gizi Masyarakat Sumber Daya dan Keluarga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan MS, mengatakan bahwa penyebab bangsa Indonesia menempatkan susu pada posisi terakhir dikarenakan daya beli masyarakat yang belum bisa meraih harga susu yang murah.

“Pada kebutuhan gizi yang terdapat dalam empat sehat lima sempurna, susu ditempatkan pada posisi terakhir. Jadi, hal tersebut menyulitkan masyarakat kita untuk lebih aware terhadap manfaat susu yang tinggi. Masyarakat kita sudah berpikiran bahwa nasi lebih penting dari apapun,” ungkapnya saat ditemui di acara seminar Posyandu Peduli TAT yang diadakan Dancow di Jatim Expo, Surabaya, Rabu, 23 Mei 2012.

Seiring dengan meningkatnya kesejahteraan bangsa, kepedulian terhadap kebutuhan susu pun perlu ditingkatkan. Masyarakat Indonesia patut menyadari bahwa minum susu itu penting dan tidak hanya sekadar untuk anak balita.

“Kalau sekarang tren mengonsumsi susu itu sekian lama peningkatannya dengan kelompok negara tetangga. Karena itu, sekarang dimunculkan beberapa produk yang sudah menjangkau kalangan masyarakat menengah ke bawah yang dapat dinikmati oleh mereka juga,” tutupnya. (ind) (tty)

0 Response to "Makanan Bergizi & Susu Baik untuk Anak-balita sehat ceria"

Posting Komentar