Balita Gizi Buruk di Lumajang Meningkat | www.detikpertama.com-balita sehat ceria

<b>Balita</b> Gizi Buruk di Lumajang Meningkat | www.detikpertama.com-balita sehat ceria


<b>Balita</b> Gizi Buruk di Lumajang Meningkat | www.detikpertama.com

Posted: 28 Jul 2010 02:21 AM PDT

Balita Gizi Buruk di Lumajang Meningkat Jumlah balita menderita gizi buruk di Lumajang mengalami peningkatan di tahun 2010. Data dinas kesehatan Lumajang, jumlah balita yang menderita Gizi Buruk sebanyak 565 anak sedangkan tahun 2009, sebanyak 447 anak.

Kasi Gizi Dinas Kesehatan Lumajang, Arief Zulkarnaen mengatakan, rata-rata gizi buruk yang diderita balita di Lumajang akibat penyakit, berat badan lahir kurang 2 kilogram dan pola asuh. Namun, dari 565 bayi kebanyakan akibat pola asuh yang salah dalam pemberian makananan.

“Ibu-ibu di Lumajang masih belum mengerti kadar gizi makanan yang baik diberikan pada balitanya,” kata Arief Zulkarnaen ditemui di ruang Kerjanya, Rabu (28/7/2010).

Sedangkan kondisi balita yang menderita gizi buruk, memiliki badan kurus, kulit keriput, perut buncit dan tulang iga kelihatan. Sedangkan balita gizi buruk banyak diderita anak kedua atau terakhir.

“Biasanya anak gizi buruk itu, kurang perhatian dari orang tuanya,” jelas Arief.

Untuk menanggulangi banyaknya balita Gizi Buruk, Dinas Kesehatan Lumajang memberikan makanan tambahan dan susu pada 565 anak. Selain itu terus melakukan sosialisasi pentingnya makanan sehat dan bergizi bagi balita di sejumlah Posyandu dan Pukesmas.

“Kami akan pantau perkembangan balita gizi buruk setiap minggunya, untuk mengetahui perkembanganya,” tutur pria asli Lumajang itu.

Kekhawatiran dinas kesehatan Lumajang, jika balita gizi buruk tidak segera ditangani akan mengakibat kemunduran otak dan metal.

“Kalau anak sampai kena gizi buruk, IQ nya pasti rendah kalau tidak segera ditangani,” pungkasya. Beritajatim.com

Bulletin Metropolis » Lomba <b>Balita</b> di Swarna Dwipa

Posted: 27 Jul 2010 01:17 AM PDT

0 Response to "Balita Gizi Buruk di Lumajang Meningkat | www.detikpertama.com-balita sehat ceria"

Posting Komentar