mamasa online: Obama; Balita Berkepala Mini dari Mamasa-balita sehat ceria

mamasa online: Obama; <b>Balita</b> Berkepala Mini dari Mamasa-balita sehat ceria


mamasa online: Obama; <b>Balita</b> Berkepala Mini dari Mamasa

Posted: 15 Jul 2010 06:12 AM PDT

MO -- Seorang balita bernama Sugianto Obama Sambokaraeng, 2, kepalanya hanya sebesar cangkir atau kepalan tangan orang dewasa ditemukan di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat. Lahir bertepatan pelantikan Presiden, AS Barac Obama

Orang tua balita tersebut Paulus Sambokaraeng dan ibunya Yohana, di Mamasa, Rabu (14/7), mengungkapkan jika mereka sangat heran dengan kondisi anak bungsunya itu karena tinggi badannya hanya 40 centimeter dan beratnya hanya empat kilogram padahal umurnya sudah dua tahun.

"Kepala anak saya mengherankan karena biasanya seorang balita kelainannya adalah kepalanya besar namun ini sebaliknya dialami anak saya kepalanya sangat kecil, berbeda dengan dua anak saya lain semuanya normal," katanya.


Paulus yang memiliki tiga anak tersebut mengatakan warga di kampungnya heran melihat kondisi tubuh anaknya sehingga selama ini kerap menjadi perhatian. "Semua warga Mamasa yang sudah menyaksikan anak saya, heran karena hampir semua tubuhnya serba mini, seperti pergelangan tangan yang menyamai ukuran kotak korek api," katanya.

Ia mengungkapkan, ketika dilahirkan, bidan yang menolong persalinan istrinya sempat menjauh beberapa saat karena sebelumnya tidak pernah melihat bayi yang diperkirakan hanya sebesar botol air mineral.

"Bidan yang menolong istri saya melahirkan sempat menjauh ketakutan ketika melihat bayi yang dilahirkankan istri saya yang sangat kecil," katanya.

Ia tidak mengetahui penyebab kelainan dan pertumbuhan putranya yang sangat berbeda dengan balita pada umumnya, karena saat hamil, istrinya Yohana rutin memeriksakan kandungannya pada petugas kesehatan di Mamasa.

"Petugas kesehatanpun sebelumnya telah mengatakan bayi dalam kandungan istri saya sehat, namun setelah lahir memiliki kelainan," katanya.

Paulus mengaku sejak lahir, dirinya dan istrinya Yohana selalu memberi perhatian terhadap anaknya, yang diberi sisipan nama Obama, karena lahir bertepatan dengan pelantikan Presiden Amerika Serikat, Barac Obama.

Menurutnya, kondisi anaknya membuat warga Mamasa prihatin karena tumbuh dan berkembang sangat lamban, hingga kini anaknya hanya bisa tergolek, menangis, digendong oleh ibunya. "Anak saya hanya menangis dan digendong serta sama sekali belum bisa bicara," katanya sedih.

Ia berharap kondisi yang dialami anaknya, selayaknya diperiksa secara intensif oleh dokter untuk mengetahui penyebab kelainan yang dialami dan meminta pemerintah memberikan perhatian. "Seharusnya ada perhatian pemerintah kepada anak saya untuk ditangani secara medis, tetapi kami akan sulit membayangkan berapa besar biaya yang diperlukannya," ucapnya. (Ant/OL-2)

Sumber:http://www.mediaindonesia.com

Perlakuan Orangtua Bentuk Pribadi Anak

Posted: 15 Jul 2010 10:50 AM PDT

Jumat, 16 Juli 2010

Perlakuan Orangtua Bentuk Pribadi Anak



SAMARINDA. Mendukung pertumbuhan generasi muda yang sehat, cerdas dan berkualitas, diperlukan peranan dan kerja keras kedua orang tua. Kerja keras dimaksud bukan saja terbatas dari segi pemenuhan gizi melainkan mencakup pula pembinaan dan pendidikan moral, agar kedepannya benar-benar tumbuh sosok pribadi yang memiliki kecerdasan  intelektual dan kecerdasan akhlaq.
Demikian Wakil Ketua Tim Penggerak PKK  (TP PKK) Kota Samarinda Hj Puji Syaharie Jaang dalam acara Lomba Balita Sehat Kota Samarinda, di Sekretariat PKK Kota Samarinda, Kamis (15/7).
Masih berkenaan dengan pertumbuhan balita, lebih lanjut Puji menyebut keberhasilan pertumbuhan seseorang  sangat ditentukan konstribusi awal yang bersinergis antara ibu dan ayah dalam memberikan perhatian pada masa balita, karena sebagaimana diketahui pada masa tersebut merupakan masa keemasan bagi seorang anak dalam merekam segala sesuatu yang dilihat dan didengar untuk kemudian mencontohnya.
"Jadi apabila ia menerima perlakuan lembut dapat dipastikan sosok anak bersangkutan akan tumbuh menjadi pribadi yang santun dan lembut, tapi sebaliknya apabila menerima perlakuan kasar maka tidak heran bila ia tumbuh menjadi pribadi yang keras bahkan mungkin menjadi garang," sebut Puji.
Guna lebih memotivasi para orangtua dalam memberikan perhatian dan pendidikan yang lebih baik, Puji meminta kepada jajaran PKK agar lebih mengoptimalkan pembinaan di lapangan.
Dan salah satu aplikasinya menurut Puji bisa melalui kegiatan lomba semacam ini, dimana dalam kriteria penilaiannya bukan saja ditentukan tingkat kesehatan pertumbuhan melainkan mencakup pula kecerdasan emosi sang anak.
Berkaitan dengan kegiatan lomba, ketua panitia pelaksana dari unsur Pokja IV PKK Kota Samarinda, Hj Nani Hermanto menyebut salah satu tujuannya adalah untuk memotivasi para orang tua, khususnya ibu untuk lebih memperhatikan masalah gizi, disamping tingkat pertumbuhan dan kecerdasan balita.
Adapun peserta lomba kali ini menurut Nani merupakan pemenang hasil seleksi pada masing-masing Puskesmas tingkat kecamatan. "Namun kedepannya untuk lebih memperluas cakupan pembinaan tingkat penilaian lomba akan diawali dari masing-masing kelurahan".
Adapun materi penilaian menurut salah satu anggota tim juri dr Mike DA. M.Kes. meliputi kreteria tingkat kesehatan fisik dalam arti keseimbangan antara berat dan tinggi badan, pertumbuhan gigi sesuai usia, ditambah lagi dengan unsur fsikologi dalam arti kecerdasan sosial dan rohani serta kelengkapan administrasi.
"Administrasi dalam bentuk dokumen kependudukan keluarga balita bersangkutan seperti akte kelahiran, kartu menuju sehat, kartu keluarga dan yang lainnya termasuk pula tingkat pendidikan para orang tua," sebutnya. Selain dr Mike anggota tim juri lain melibatkan pula seorang dokter gigi, dokter anak dan Psikolog Hj Ineke Molek.
Ditempat yang sama, kepala Puskesmas Wonorejo drg Aprilia Lailati merasa bangga binaannya mampu meraih juara, yakni Mohza Aisyah juara I kriteria 6-24 bulan, dari Posyandu Mawar kelurahan Karang Anyar Sungai Kunjang dan Encek Muhammad Asfwan juara II kriteria 2-5 tahun dari Posyandu Kembang Goyang Karang Anyar Sungai Kunjang.(Hms3)     

0 Response to "mamasa online: Obama; Balita Berkepala Mini dari Mamasa-balita sehat ceria"

Posting Komentar