Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat! « Arali2008-balita sehat ceria

Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat! « Arali2008-balita sehat ceria


Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat! « Arali2008

Posted: 14 Jul 2010 12:58 PM PDT

Polewali Mandar Sulawesi Barat.– You can empower people with disabilities! yang artinya Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat! adalah Judul surat elektronik  kiriman dari Mr. Jason Teitelman  seorang  blogger  yang terhimpun dalam bloggers unite http://www.bloggersunite.org/event/people-first-empowering-people-with-disabilities ditujukkan untuk  blog penulis  arali2008,wordpress.com via email ucang (at) yahoo.com sebagai  anggota dari BLOGGERS UNITE yang berisi ikut berpartisipasi dalam bentuk tulisan tentang orang-orang cacat dalam  kegiatan  peduli pemberdayaan orang-orang cacat sedunia pada tanggal 24 Juli20010 di Amerika Serikat.  Sebagai seorang blogger opini dari fakta empiris pemerhati masalah epidemiologi gizi dan kesehatan di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia,  tentunya sangat-sangat merespon ajakan ini. Saya mulai dengan sebuah ajakan :

Sangat dibutuhkan bantuan Dunia pada Adik Dodi yang telah mengalami gejala yang sama  pada DODI, Mungkikah Adik Dodi bisa diselamatkan?  Semua tergantung pada orang-orang sehat, bukan Cuma orang-orang Indonesia Yang sehat tetapi juga Orang-orang didunia yang sehat, Dodi dan Adiknya hanya ingin  yang bahagia dan tidak berprasangka buruk terhadap dirinya. Semua tergantung pada Anda karena anda bisa memberdayakan orang cacat, walaupun itu hanya sebuah doa untuk Dodi dan Adiknya.

Isi suratnya elektronik  kiriman dari Mr. Jason Teitelman  seorang  blogger  yang terhimpun dalam bloggers unite adalah sebagai berikut :

You can empower people with disabilities!


Dear Fellow Blogger,

As bloggers, you and I have the unprecedented ability to raise awareness about important issues by simply posting about them. When we act on behalf of a cause and then write about it, we dramatically increase the positive impact we can have on the world.

Today, I am asking you to take action on behalf of all the people around the world living with a disability. Just like those of us who are able-bodied, they simply want to live a happy and productive life. Help us eliminate the barriers to participation and the prejudices they face every day by taking a simple action. You can donate to an organization that supports people with disabilities, sign an online petition asking for equal access, make your blog 100% accessible. Then write about it. Tell others how important it is to make all the opportunities our world has to offer accessible to everyone. Tell them how easy it is to get involved and how good it feels to help others.

On July 24, 2010, BloggersUnite is asking bloggers from all around the world to unite in support of people with disabilities. Please join us! http://www.bloggersunite.org/event/people-first-empowering-people-with-disabilities

Thanks for reading. Have a great day.

Sincerely,
Jason Teitelman

arti bebasnya (dalam bahasa Indonesia)

Anda dapat memberdayakan orang-orang cacat!
——————————————————————————————————————
Yang terhormat sesama Blogger,

Sebagai blogger, Anda dan saya memiliki kemampuan luar biasa untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu penting hanya dengan posting tentang orang-orang yang mengalami kecatatan. Ketika kita bertindak atas nama mereka  yang cacat dan kemudian mencoba  menulis tentang  kehidupan orang-orang yang cacat, kita secara dramatis meningkatkan dampak positif  keberadaan orang-orang cacat  yang ada dan hidup di dunia.

Hari ini, saya meminta Anda untuk mengambil tindakan atas nama semua orang di seluruh dunia yang hidup dengan kecacatan. Sama seperti orang-orang dari kita yang berbadan sehat, mereka hanya ingin menjalani kehidupan yang bahagia dan produktif. Bantu kami menghapuskan hambatan-hambatan terhadap partisipasi dan prasangka yang mereka hadapi setiap hari dengan mengambil tindakan sederhana. Anda dapat menyumbang ke sebuah organisasi yang mendukung para penyandang cacat, menandatangani petisi online meminta akses yang sama, membuat blog Anda 100% diakses. Lalu tulis semua tentang tersebut. Beritahu orang lain betapa pentingnya untuk membuat semua peluang dunia kita, untuk menawarkan bhawa dapat diakses oleh semua orang. Katakan kepada mereka betapa mudahnya untuk terlibat dan bagaimana rasanya untuk membantu orang lain.

Pada tanggal 24 Juli 2010, BloggersUnite meminta blogger dari seluruh dunia untuk bersatu dalam mendukung para penyandang cacat. Silakan bergabung dengan kami! http://www.bloggersunite.org/event/people-first-empowering-people-with-disabilities

Terima kasih untuk membaca. Have a great day.

Hormat kami,
Jason Teitelman

Seketika saya teringat beberapa bulan ketika terakhir kalinya saya bersentuhan dengan  seorang anak yang berusia 14 tahun, Sebut saja Namanya Dodi, yang mengalami  kecatatan karena  gangguan gen pertumbuhan tulangnya. Ia mempunyai keluarga sederhana yang masih lengkap, punya ayah, ibu dan seorang adik yang berusia 7 tahun, Tinggal di Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat Indonesia. Sepertinya adik sang penderita cacat akan mengusulnya karena mulai terlihat gejala yang sama seperti Dodi ketika berusia 7 tahun.

Ketika Dodi dilahirkan, ibunya sangat bahagia, karena mendapatkan bayi yang lahir normal dan sehat, masa balitanya Dodi tumbuh dan berkembang secara normal, aktif dan sangat kreatif, seperti anak-anak balita sebayanya, sampai kemudian Dodi Masuk kelas satu Sekolah Dasar (SD), di kelas satu SD yang sangat berbakat dan pintar, ketika penaikan kelas Dodi mendapat rangking satu, dari semua teman-teman sekelasnya, Dodi kemudian belajar di kelas dua Sekolah Dasar (SD), ibunya mulai kaget ketika Dodi selalu ditemukan kewalahan ketika  berdiri dari duduk melantainya, Dodi tidak bisa berdiri langsung, tangannya harus menopang sesuatu, agar bisa berdiri tegak, Dodi masih bisa berjalan, tetapi dari hari kehari  Dodi mengalami kewalahan ketika berdiri dari duduknya, Ibu dan Ayah Dodi mencoba memeriksa ke Dokter Puskesmas  (Puskesmas Tinambung Kabupaten Polewai Mandar), dokter menyimpulkan "terlihat gejala mengecilan pada tulang kakinya Dodi" sang dokter puskesmas hanya memberikan beberapa vitamin untuk dikonsumsi, dan membuat rujukan untuk di periksa ke dokter yang lebih ahli (dokter anak), proses pemeriksaan rujukan terus dilanjutkan kedua orang tuanya, sampai terakhir melakukan pemeriksaan  dan konsultasi dokter spesialis tulang, Disimpulakn "Dodi mengalami kelainan genetic pertumbuhan tulang"  artinya Dodi akan mengalami kecacatan seumur hidupnya. Dan memang benar Dodi, hari demi hari, bulan demi bulan dan tahun berganti tahun  tulang kaki dan tangan terus mengalami kekakuan dan tulang belakangnya mengalami pembengkokkan sampai dengan usia 14 tahun, ketika saya untuk pertama kalinya melihat dan menyentuhnya.

Ibunya menangis, meneteskan air mata membasahi pipinya, ketika saya mencoba melihat dan memegang kaki Dodi yang sudah mengecil, melihat tulang belakangnya  yang tidak lurus lagi, Dodi hanya terbaring, tidak bisa duduk lagi, apalagi berdiri, berjalan dan berlari, tangannya sulit sekali digerakan, Dodi tidak bisa lagi mengurus dirinya sendiri, makan harus disuapin, buang hajat dan mandi harus dipapa (dibantu), berpakain harus kenakan (dipakaikan).

Adik Dodi yang berusia 7 tahun seperti akan mengusul lagi, menderita cacat genetic kelainan pertumbuhan tulang belakang, seperti yang diderita Dodi, karena gejala yang terlihat sama seperti Dodi ketika berusia 7 tahun, Ibu dan ayah Dodi hanya pasrah menghadapi kelainan pada Anak-Anaknya

Hanya Doa dan harapan yang bisa mereka tunjukkan ketika saya mencoba pamitan pulang pada Dodi dan kedua orang tuanya. Doa agar mereka bisa kuat menghadapi cobaan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, dan harapan agar kehidupan Dodi dan Adik dapat bahagia, secara social, mungkin secara fisik tidik bisa disembuhkan lagi, tetapi dukungan mental dan social sangat diharapan bagi orang yang melihat Dodi, mungkin Dodi tidak produktif lagi, tetapi  Ia punya hak untuk hidup walaupun ia tidak berdaya dengan kecacatannya, Dodi tidak  mengerti  mengapa  hari, demi hari, bulan demi bulan dan tahun berganti tahun, yang tadinya masa balitanya yang ceria, dimasa remajanya hany bisa terbaring kaku, entah bagimana ketika dewasa, apakah Dodi akan terus terbaring kaku bersama Adiknya yang akan mengusulnya,. Hanya Tuhan Yang Kuasa Yang Tahu? Wallauhu A’lam

Catatan :
Sangat dibutuhkan bantuan Dunia pada Adik Dodi yang telah mengalami gejala yang sama  pada DODI, Mungkikah Adik Dodi bisa diselamatkan?  Semua tergantung pada orang-orang sehat, bukan Cuma orang-orang Indonesia Yang sehat tetapi juga Orang-orang didunia yang sehat, Dodi dan Adiknya hanya ingin  yang bahagia dan tidak berprasangka buruk terhadap dirinya. Semua tergantung pada Anda karena anda bisa memberdayakan orang cacat, walaupun itu hanya sebuah doa untuk Dodi dan Adiknya.

—————————————————————

  1. Memaknai Kesehatan sebagai Hak Asasi Manusia dan Investasi
  2. Anak dan Hak Anak Memperoleh Pelayanan Kesehatan
  3. Perlindungan Anak Kab. Pol-Man (KPA, FPA dan Forum AKH)
  4. Hasil penyelidikan Kasus JUMINO, Neurofibromatosis di Polewali Mandar
  5. Tragedi Kemanusiaan Kambacong dan Efisiensi Pelayanan Kesehatan
  6. Kemiskinan dan Perasaan Kemanusiaan
  7. Anak dan Hak Anak Memperoleh Pelayanan Kesehatan

—————————————————————————–

@Arali2008
Opini dari Fakta Empiris
Seputar masalah Epidemiologi Gizi dan Kesehatan
Di Polewali Mandar Propinsi Sulawesi Barat  Indonesia

PNS Dunia Maya

Posted: 14 Jul 2010 01:49 PM PDT


Kemajuan teknologi dan informasi dewasa ini sangat luar biasa, dunia yang begitu luasnya sekarang tak lebih sebagai sebuah perkampungan kecil saja. Dari segara penjuru dunia segala sesuatu bisa diketahui tanpa membutuhkan durasi yang lama. Cukup dengan klik dan klik, semua dapat diketahui dengan mudah dan murah.

Akan tetapi, pengaruh teknologi informasi seperti internet terkadang jika tidak berhati-hati sangat berisiko bagi penggunannya. Selain menghabiskan visa hidupnya di dunia, aktivitas di dunia juga dapat tidak produktifitas; melahirkan dosa dan maksiat dll.  Yach, sebab prasana ini hanya dihabiskan buat hura-hura dan hiburan yang berlebihan saja, tanpa memikir prioritas, maslahat dan hasil yang didapatkan.

Dekadensi moral dan maraknya tindakan amoral di masyarakat sedikit banyak merupakan efek dari salah menggunakan fasilitas lunak ini. Di dunia maya nyaris tidak ada yang rahasia, semua dapat dikonsumsi publik bahkan balita yang baru saja bernafas di dunia ini bisa tahu gosip-gosip RT yang seharusnya tidak perlu diumbar-umbar. Tidak salah, kalau kemorosatan akhlak generasi muda tidak dapat dibendung,  apa yang disajikan dan mereka akses jauh dari standar kualitas dan bermanfaat (baca: mengakses internet serampangan)

Ingin Tahu, adalah sebuah rasa yang kerap mendorong manusia melakukan sesuatu. Kendatipun terkadang bertolak belakang dengan hati nurani, namun ia tetap merusa menguaknya guna menjawab keingintahuan itu.  Beruntung dan positif tentu terhadap hal-hal yang positif dan bermanfaat, namun jika sebaliknya tentu bisa berimplikasi negatif secara personal maupun lingkungannya.

Penggunakan internet semacam ini tak ubahnya seorang pemulung sampah, cuma di dunia maya tidak bersentuhan secara langsung dengan bakteri dan bauk menyengat tapi bersentuhan langsung dengan jenis penyakit. Kendatipun telah berslancar dan berkeliling kian kemari tapi manfaat yang sangat nihil bahkan justru nonsen.

Tidak sedikit dari perslancar internet menghabiskan waktunya hanya sekedar chating dengan patner siluman atau putar-putar di jaringan sosial seperti facebook tanpa target dan tujuan yang jelas. Ada juga lebih dari itu, malah menggunakan internet untuk mengakses situs-situs terlarang dan haram. Selain itu, tidak sedikit yang jadi PNS dunia maya dengan spesialisasi sebagai hacker, simpelnya sebagai maling bertangan keyboard. (baca: hacking, cracking dan carding)

Mari Gunakan Internet Secara Sehat dan Mencerdaskan


0 Response to "Anda Bisa Memberdayakan Orang-Orang Cacat! « Arali2008-balita sehat ceria"

Posting Komentar