Wih! Balita 4 Tahun Mampu Push Up Sampai 1500 Kali Dalam 40 Menit ...-balita sehat ceria

Wih! <b>Balita</b> 4 Tahun Mampu Push Up Sampai 1500 Kali Dalam 40 Menit <b>...</b>-balita sehat ceria


Wih! <b>Balita</b> 4 Tahun Mampu Push Up Sampai 1500 Kali Dalam 40 Menit <b>...</b>

Posted: 26 Jul 2010 03:10 PM PDT

Sebuah kehebatan yang belum tentu dikuasai oleh orang dewasa apalagi bagi anak usia sebaya dengannya push up sebanyak 1500 kali dalam jangka waktu 40 menit. Itulah kemampuan Ruchi Vitha bocah yang masih tergolong balita yang berusia 4 tahun asal Rajkot wilayah sekitar Mumbai India.

Cegah Gizi Buruk

Posted: 25 Jul 2010 06:19 PM PDT

Zahroh Elvikri

Dokter Muda RSU Dr Soetomo Surabaya

elv...@gmail.com

Selama ini gizi buruk selalu diidentikkan dengan kemiskinan. Padahal tidak selalu begitu. Akar masalah gizi buruk selain karena kemiskinan juga karena kurangnya pengetahuan terhadap pola makan anak.

ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. WHO menyarankan pemberian ASI eksklusif (ASI saja) selama enam bulan. Pemberian ASI disarankan sampai anak berusia dua tahun. Setelah pemberian ASI eksklusif, bayi harus diberi makanan penunjang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Pemberian makanan penunjang sebelum usia enam bulan menyebabkan bayi merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, produksi ASI akan berkurang karena jarang diisap bayi.

Sebelum usia enam bulan, bayi juga belum mampu mencerna makanan padat. Sebaliknya, jika diberikan terlambat kebutuhan energi bayi tidak tercukupi. Pada usia enam bulan timbul gerakan mengunyah yang harus dilatih dengan pemberian makanan padat secara bertahap.

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, terdiri dari lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral sesuai kebutuhan anak. Komposisi makanan yang tepat bagi balita adalah protein 10-20 persen, lemak 30 persen, dan selebihnya karbohidrat. Bayi membutuhkan lemak lebih tinggi, sekitar 50 persen, hal ini sesuai dengan komposisi lemak pada ASI.

Memberikan makanan padat terlalu dini, berpantang makanan tertentu berpotensi menghilangkan kesempatan anak mendapat asupan lemak, protein, maupun kalori cukup.

Pemantauan tumbuh kembang anak sebagai upaya deteksi anak bergizi buruk mutlak diperlukan. Caranya dengan mengunjungi posyandu tiap bulan.n

Dibaca: 65 kali

0 Response to "Wih! Balita 4 Tahun Mampu Push Up Sampai 1500 Kali Dalam 40 Menit ...-balita sehat ceria"

Posting Komentar