Rokok dan Kesehatan-balita sehat ceria

Rokok dan Kesehatan-balita sehat ceria


Rokok dan Kesehatan

Posted: 01 Nov 2010 09:50 AM PDT

Merokok mengganggu kesehatan, kenyataan ini tidak dapat kita pungkiri. Banyak penyakit telah terbukti menjadi akibat buruk merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung.Kebiasaan merokok bukan saja merugikan si perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya.Asap rokok merupakan polutan bagi manusia dan lingkungan sekitarnya. Bukan hanya bagi kesehatan, merokok menimbulkan pula problem di bidang ekonomi. Di negara industri maju, kini terdapat kecenderungan berhenti merokok, sedangkan di negara berkembang, khususnya Indonesia, malah cenderung timbul peningkatan kebiasaan merokok. Rokok mengandung kurang lebih 4000 lebih elemen-elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. Selain itu, dalam sebatang rokok juga mengandung bahan-bahan kimia lain yang tak kalah beracunnya. Namun banyak masyarakat Indonesia yang mengonsumsi rokok bahkan akhir-akhir ini ada fakta yang mencengangkan yaitu beberapa balita sudah mengonsumsi rokok bahkan habis beberapa bungkus dalam sehari. Fakta ini sangat merugikan bagi Indonesia,karena di Indonesia akan tumbuh generasi muda yang hobi merokok dan nantinya akan menjadi generasi muda yan kurang sehat tubuhnya.Oleh karena itu pemerintah Indonesia membuat beberapa peraturan dan undang-undang untuk mengurangi dampak buruk dari rokok seperti peraturan pajak cukai untuk setiap rokok dan peraraturan tentang kawasan larangan merokok. Sehingga penyakit akibat rokokpun dapat berkurang. Untuk peraturan larangan merokok DKI Jakarta telah mengeluarkannya yaitu "Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta nomor 75 Tahun 2005" selain itu masih ada "Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan".

Peran pemerintah dalam mengurangi dampak buruk rokok menurut saya sudah optimal yang kurang adalah peran masyarakat sekitar untuk menasihati perokok yang kurang optimal. Perlu disadari anak-anak perokok yang masih dibawah umur itu mengenal rokok dari lingkungan sekitar seperti keluarga dan tetangga. Apabila perokok dewasa merokok di depan mereka otomatis asap rokok juga akan terhirup oleh anak-anak tersebut dan secara tidak sengaja mereka telah membiasakan anak-anak di sekitar mereka dengan rokok dan asap rokok. Oleh sebab itu selain pemerintah, masyarakat harus berperan aktif dalam mengurangi dampak buruk rokok di sekitar mereka agar generasi muda Indonesia tidak lagi menjadi pemuda yang hobi merokok. Sehingga Indonesia yang sehatpun dapat tercipta.

Untuk itu saya menghimbau bagi teman-teman saya terutama di PSIK FK UNDIP dan juga teman-teman sesama mahasiswa undip, mari kita wujudkan kampus yang sehat tanpa asap rokok.

written by : prasetyo


Tags: ROKOK

0 Response to "Rokok dan Kesehatan-balita sehat ceria"

Posting Komentar