KENALI GIZI BALITA ANDA LEBIH DINI-balita sehat ceria

KENALI GIZI <b>BALITA</b> ANDA LEBIH DINI-balita sehat ceria


KENALI GIZI <b>BALITA</b> ANDA LEBIH DINI

Posted: 05 Dec 2010 09:06 AM PST

KENALI GIZI BALITA ANDA LEBIH DINI

Kalau kita mendengar kata Balita , pasti terbayang dibenak kita sesosok makhluk Tuhan yang mungil , lucu dan menggairahkan . Dia adalah merupakan dambaan setiap Insan. Dia merupakan sebuah harapan & cita – cita , yang sangat diharapkan kehadirannya di dalam sebuah rumah tangga. Dia merupakan pewaris keturunan kita , Dia harapan kita , dia harapan keluarga dan harapan bangsa , yang mana nantinya menjadi seorang anak yang sehat dan cerdas.

BALITA ( Bawah Tiga Tahun ) merupakan masa penting bagi kelangsungan hidup & tumbuh kembang anak .

SEHATNEWS.COM - Cimahi Bebas Gizi Buruk

Posted: 04 Dec 2010 09:38 AM PST

Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Jabar, mengklaim Kota Cimahi telah terbebas dari kasus penyakit gizi buruk murni yang disebabkan oleh kurangnya asupan protein dan gizi pada balita.

Hanya saja diakuinya, gejala gizi buruk yang diakibatkan oleh penyakit tertentu yang diderita oleh anak-anak masih ditemui dalam jumlah yang relatif kecil, kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Masyarakat pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi dr Pratiwi saat ditemui wartawan usai Evaluasi Tumbuh Kembang Balita di Kantor Pemkot Cimahi, Selasa.

"Cimahi sudah terbebas dari balita yang mengalami gizi buruk murni atau gizi buruk yang disebabkan oleh kurangnya protein dan gizi yang diperoleh si anak. Yang ada adalah yang disebabkan oleh penyakit, " kata Pratiwi.

Ia menyebutkan beberapa penyakit yang biasanya menyerang pada anak hingga mengakibatkan kurang gizi atau gizi buruk tersebut yakni di antaranya, penyakit TBC dan diare.

Pada umumnya, lantaran menderita penyakit tersebut, berat badan si anak akan terpengaruh, atau menjadi kurang mampu mengikuti usia pertumbuhannya.

Ia menjelaskan, biasanya anak yang mengalami gejala gizi buruk yang disebabkan oleh penyakit ini tak bersifat permanen. Maka, setelah sembuh, kondisi tubuh si anak akan kembali normal.

"Anak yang mengalami gizi buruk jenis ini. Biasanya hanya dalam waktu seminggu sudah kembali normal," imbuh Pratiwi.
   
Lebih lanjut, ia menjelaskan, kondisi balita di Kota Cimahi, rata-rata dalam kondisi sehat atau tumbuh kembangnya telah sesuai dengan usianya masing-masing.
   
"Selama ini, kondisi balita pada umumnya normal, baik dan bagus," sebutnya.Ia melanjutkan, jika dibandingkan dengan kota/kabupaten lain, Kota Cimahi menurutnya terbilang sudah lebih baik dalam hal kondisi tumbuh kembang balitanya.
   
Terkait itu, pihaknya bahkan tak lagi ragu untuk menyatakan jika Kota Cimahi, sudah bisa dijadikan sebagai proyek percontohan daerah terdekat untuk menengok kondisi balita.
   
Sementara itu, kegiatan evaluasi tumbuh kembang balita yang digelar Dinas Kesehatan Kota Cimahi, dilakukan dengan cara penilaian terhadap balita yang termasuk ke dalam kriteria balita sehat, hingga muncul beberapa juara balita sehat.
   
Dinkes pun memberikan sejumlah hadiah menarik, kepada peraih predikat balita sehat tersebut.
   
Pratiwi menjelaskan, hal tersebut dilakukan guna memicu upaya peningkatan tumbuh kembang balita dengan lebih baik di Kota Cimahi. Diharapkan, bagi penyandang predikat bayi sehat, orangtuanya, bisa lebih terpicu untuk lebih baik lagi sekaligus dapat dijadikan contoh untuk masyarakat Cimahi lainnya. (abd)

0 Response to "KENALI GIZI BALITA ANDA LEBIH DINI-balita sehat ceria"

Posting Komentar