Kesehatan Balita Dapat Dilihat Dari BAB Dan BAK « Cermin Sebuah Hati-balita sehat ceria

Kesehatan <b>Balita</b> Dapat Dilihat Dari BAB Dan BAK « Cermin Sebuah Hati-balita sehat ceria


Kesehatan <b>Balita</b> Dapat Dilihat Dari BAB Dan BAK « Cermin Sebuah Hati

Posted: 13 Dec 2010 09:50 AM PST

Kesehatan Balita Dapat Dilihat Dari BAB Dan BAK

Tuesday, December 14, 2010

Sebagai orang awam saya baru tau jika kondisi kesehatan balita dapat dilihat dari “hasil pembuanganya”.

KOMPAS.com — Status kesehatan anak ternyata bisa juga diketahui dari “produk buangan” atau fesesnya. Hal ini disampaikan oleh dr Rini Sekartini, SpAK. Dengan mengamati “produk hasil buangan” ini, kita dapat mendeteksi kalau ada masalah pada saluran cerna dan saluran kemih anak.

Sebagai contoh, urine berwarna kurang jernih menunjukkan kondisi tubuh sehat, tidak kurang cairan. Namun jika warnanya kuning tua atau keruh, jumlahnya berkurang atau bertambah, maka bisa jadi pertanda ada gangguan kesehatan yang dialami anak. Demikian pula halnya dengan buang air besar.

Lara Zibners, MD, dokter spesialis anak sekaligus penulis buku If Your Kid Eats This Book, Everything Will Still Be Okay, menguraikan beberapa tanda di balik warna-warna pada tinja anak sebagai berikut:

* Merah, disertai sedikit lendir, menandakan ada infeksi atau alergi. Warna merah juga bisa disebabkan karena mengonsumsi saripati jus buah berwarna merah atau antibiotik. Sebaiknya konsultasikan hal ini lebih lanjut ke dokter anak.

* Coklat. Biasa terjadi pada bayi yang mengonsumsi susu formula. Menurut Zibner, selama kotorannya masih bertekstur lembut dan intensitas buang air masih normal, maka kesehatan anak masih normal.

* Kuning, disertai dengan tekstur yang agak encer. Kondisi ini umum terjadi pada bayi yang mengonsumsi air susu ibu. Bahkan, warnanya terkadang agak kuning kehijauan.

* Biru atau Ungu. Pastikan dulu apa yang anak makan seharian sehingga bisa menyebabkan warna kotorannya biru atau ungu. Jika perut anak terasa sakit, maka tanya secara detail mengenai sakitnya.

* Hijau. Ini biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir. Kotoran bayi baru lahir disebut mekonium.

* Hitam. Tinja berwarna hitam bisa dikarenakan anak mengonsumsi biskuit berwarna hitam, blueberry, beras merah, atau suplemen zat besi. Sebaiknya lebih lanjut dikonsultasikan ke dokter.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Warga Ini Batuk Hingga Bertahun-tahun

Posted: 13 Dec 2010 07:52 AM PST

KEDIRI, KOMPAS.com - Puluhan warga Desa Jatirejo, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menderita batuk menahun dan hingga kini belum tersentuh pengobatan.

Koordinator Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kediri, Arip Witanto, Senin (13/12/2010) mengemukakan rata-rata korban yang sakit tersebut dari kalangan tidak mampu.

Sakit mereka tidak sembuh-sembuh selama bertahun-tahun dan enggan untuk berobat karena masalah biaya.

"Mereka rata-rata berasal dari keluarga yang tidak mampu. Sakit mereka sudah menahun, bahkan beberapa kasus hingga keluar darah," ujarnya.

Pihaknya sangat prihatin dengan kejadian yang menimpa warga tersebut. Penyakit itu bukan hanya menimpa mereka yang sudah lanjut usia, melainkan juga yang masih anak-anak.

"Banyak anak yang tertular penyakit ini, beberapa di antaranya adalah bayi usia lima tahun (balita). Mereka tertular orang tua maupun tetangga yang juga sakit dengan gejala yang sama," kata Arif.

Pihaknya tidak berani mengatakan warga tersebut terkena penyakit TBC, sebab tidak semua warga tersentuh pengobatan.

Ada beberapa yang sebenarnya sempat berobat, tetapi enggan untuk kembali karena tidak kunjung sembuh.

Ia sangat khawatir dengan banyaknya warga yang terkena batuk menahun tersebut. Dikhawatirkan, kesehatan anak-anak akan semakin turun, karena lingkungan mereka yang tidak sehat, dengan banyaknya warga yang menderita sakit yang sama.

Pihaknya berharap, pemerintah peduli dengan memberikan informasi dan sosialisasi tentang penyakit tersebut. Terlebih lagi, banyak anak yang mulai tertular.

Terlebih lagi, banyak warga yang mengeluhkan minimnya stok obat sesuai standar WHO di puskesmas yang ada di daerah itu, sebab selama ini stok obat yang ada hanyalah generik.

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Menular Langsung (P2ML) Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengatakan masih belum dapat memastikan penyakit yang diderita warga tersebut.

Pihaknya akan koordinasi dengan puskesmas terkait, untuk memperjelas masalah itu.

"Kami upayakan segera berkoordinasi dengan puskesmas terkait untuk memperjelas masalah itu," ujarnya.

Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Kediri, Sigit Sosiawan mengatakan, pihaknya berjanji akan menindaklanjuti temuan ini. Penyakit masyarakat seperti batuk ini bisa berbahaya jika dibiarkan.

"Kami akan coba cek ke lapangan tentang kondisi itu. Penyakit itu perlu mendapat perhatian, karena jika dibiarkan bisa berbahaya," ujar Sigit.

0 Response to "Kesehatan Balita Dapat Dilihat Dari BAB Dan BAK « Cermin Sebuah Hati-balita sehat ceria"

Posting Komentar