Dinkes Helat Kontes Balita Sehat | Radar Bekasi-balita sehat ceria

Dinkes Helat Kontes <b>Balita Sehat</b> | Radar Bekasi-balita sehat ceria


Dinkes Helat Kontes <b>Balita Sehat</b> | Radar Bekasi

Posted: 07 Aug 2011 11:29 PM PDT

BEKASI BARAT- Sebanyak 24 bayi dan balita menjadi peserta dalam lomba balita sehat yang diadakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, belum lama ini. Puluhan bayi itu, merupakan perwakilan dari 12 kecamatan se-Kota bekasi.

Lomba ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia yang ke 66.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi ini terdiri dari dua kategori, untuk balita yang berusia 6 hingga 23 bulan, serta balita yang berusia 2 sampai 5 tahun.

"Mereka semua ini merupakan pemenang dari lomba balita sehat tingkat kelurahan dan kecamatan. Setelah itu baru mengikuti lomba tingkat Kota Bekasi ini," ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi Laniwati Setiadi.

Dalam perlombaan tersebut, peserta melewati beberapa tahapan test. Seperti sang ibu harus smelakukan wawancara mengenai pengetahuan tentang gizi. Setiap balita pun harus melalui proses pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan.

"Dalam penentuan pemenang balita sehat, dewan juri melakukan penilaian yang meliputi beberapa unsur, yaitu kesehatan anak, imunisasi, gizi dan perkembangan, pendidikan, umur, pekerjaan, kontrasepsi orang tua, kesehatan gigi dan mulut, psikologi anak, keadaan lingkungan tempat tinggal serta penilaian asah, asih, asuh dari balita yang bersangkutan," paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan  Anne Nurcandrani menambahkan, kegiatan tahunan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarakat terutama, bayi dan balita melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. "Melalui kegiatan ini sekaligus diharapkan dapat memberikan motivasi bagi orangtua serta para kader dalam memantau tumbuh kembang balita," terangnya.

Selain itu kegiatan ini, lanjut Anne diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan orang tua serta masyarakat Kota Beaksi dalam membina tumbuh kembang balita secara optimal. Pasalnya masa balita, menurut Anne merupakan masa emas, dimana pertumbuhan dan perkembangan anak berlangsung cepat dan sangat menentukan masa depannya.

Oleh karenanya, perhatian pada usia ini sangatlah menentukan kualitas anak di masa mendatang. Lebih lanjut diungkapkan bahwa pertumbuhan anak dapat dilihat salah satunya dari perubahan ukuran badan melalui penimbangan berat badan secara rutin sedangkan perkembangannya dapat terlihat dari kemampuan anak dalam berbicara, duduk.

"Lomba balita sehat ini juga sebaga wujud kebersamaan antara masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan anak. Karena sesuai dengan visi Bekasi yakni Bekasi yang sehat cerdas dan Ikhsan," tandasnya. (mif)

Puluhan Balita Ikuti Lomba <b>Balita Sehat</b> Padangpanjang : Warta Andalas

Posted: 04 Aug 2011 07:51 AM PDT

Lomba balita sehat tersebut, menurut Nelsis, merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari kemerdekaan RI ke-66 di Kota Padangpanjang. Adapun kriteria penilaian diterangkan, melihat tingkat kesehatan anak, ...

0 Response to "Dinkes Helat Kontes Balita Sehat | Radar Bekasi-balita sehat ceria"

Posting Komentar