Bayi Balita » Kecanduan Junk Food=Narkoba?-balita sehat ceria

Bayi <b>Balita</b> » Kecanduan Junk Food=Narkoba?-balita sehat ceria


Bayi <b>Balita</b> » Kecanduan Junk Food=Narkoba?

Posted: 29 Jun 2012 02:36 AM PDT

Banyak orangtua yang tidak mau repot menyiapkan makanan sehat untuk anak-anak. Padahal menyiapkan makanan sehat sejak dini merupakan salah satu investasi masa depan. Alhasil, banyak yang menyerahkan kebutuhan perutnya pada restoran cepat saji alias membeli makanan junk food. Tahukah Anda, bahwa junk food bisa menimbulkan kecanduan bagi orang yang memakannya? Bahkan, candu yang dirasakan sama dengan orang yang kecanduang dengan narkoba.

Sebuah penelitian yang dilakukan Rockefeller University menemukan bahwa kandungan lemak dan gula yang terdapat dalam junk food dibaca sebagai bahan kimia yang bisa menimbuklan rasa senang di otak. Konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan akan menyebabkan ketidakseimbangan zat kimia yang menyebabkan kecanduan sehingga sensor otak akan menangkap bahwa makanan cepat saji adalah menu wajib yang harus disantap.

Penemuan-penemuan ilmiah lain

Penelitian yang sama dilakukan oleh Scripps Researcher Institute. Mereka menjadikan tikus sebagai kelinci percobaan pada penelitian tersebut. Tikus yang diberi makanan cepat saji dalam porsi yang sedikit lebih sehat daripada tikus yang diberi makanan cepat saji dalam porsi yang banyak. Tikus yang banyak memakan junk food berpotensi terkena penyakit obesitas. Para peneliti ini juga meneliti otak tikus yang memakan junk food secara berlebihan. Hasilnya, tikus tersebut memang membutuhkan stimulasi yang berlebihan untuk memperoleh kesenangan dengan kembali mengkonsumsi junk food.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Nature Neuroscience menyebutkan otak manusia mungkin bereaksi yang sama terhadap junk food dan obat-obatan terlarang seperti kokain dan heroin. Bahkan, kepala penelitian Dr Paul Kenny mengatakan junk food memiliki sifat adiktif. “Obesitas terjadi akibat pola makan yang kompulsif. Untuk itu, kecanduan obat-obatan mungkin sangat bagus untuk mereka yang memiliki obesitas. Penelitian ini meneliti apa yang terjadi pada otak saat hewan-hewan ini memakan makanan yang tinggi kalori dan lemak” kata dia.

Kecanduan yang fatal

Ketika tikus-tikus yang dijadikan kelinci percobaan memakan junk food, mereka akan menolak makanan sehat. Bahkan, mereka rela kelaparan daripada memakan makanan sehat yang disodorkan para peneliti. Junk food bagaikan obat-obat terlarang bagi mereka. Mereka menemukan kesulitan untuk lepas dari junk food. Mereka cenderung makan berlebihan dan lebih senang melahap makanan berlemak.

Dalam buku The Food-Mood Solution, Jack Challem, mengatakan dalam beberapa hal Anda perlu melihat junk food seperti para pecandu alkohol berpendapat tentang alkohol. “Satu gigitan itu terlalu banyak tapi 1000 gigitan juga tidak cukup,”

Junk food, selain minim kandungan gizi juga ternyata tidak baik untuk tubuh manusia jika dikonsumsi berlebihan. Bayangkan jika hal itu dikonsumsi sejak dini oleh anak-anak. Sebaiknya Anda membuat makanan sehat sendiri untuk anak Anda. Repot sedikit tak masalah yang penting anak sehat. Nah, masih mau melahap junk food secara berlebihan?

Yayasan Balita Sehat - Making a Difference in Jakarta

Posted: 28 Jun 2012 10:28 PM PDT


Maternal and Child Health programs in JakartaYayasan Balita Sehat was initially established in 2001 in Jakarta by a small group of expatriate nurses who recognized that many children from lower income families suffered from malnutrition and associated diseases that led to chronic health problems and stunted development. YBS is now fully run by Indonesian staff members and assisted by international and local volunteers.  The name is literally translated as ‘Foundation for Healthy Children under five’.

Yayasan Balita Sehat (YBS) is a non-governmental organisation based in Jakarta working under the umbrella of the UK registered charity, Foundation for Mother and Child Health (FMCH). YBS have projects in Kupang, West Timor, and had some also in Aceh and Padang.

Information on Yayasan Balita Sehat

YBS no longer provides a well baby clinic as it did  before, but rather is working at the grassroot level to reduce malnutrition, support children’s education and women’s empowerment through the following initiatives:

  • feeding program for malnourished children under five years old,
  • health education for mothers,
  • early learning center,
  • small skills enterprise,
  • scholarship for elementary school students, and
  • medical services

Volunteering opportunities

If you are currently living in Jakarta and wish to do something fulfilling with your time, do think about volunteering with us.
We are always grateful for people with the following skills:

  • Nursing, Midwifery, Health Visiting experience
  • Nutritionists
  • Fundraising skills
  • Computing, IT skills
  • Writers, Journalists
  • Sewing skills
  • Design, Marketing or PR skills

If you think you may have a little time to offer, please contact info@fmch-indonesia.org. We would be most grateful.

 

For more information, contact

Yayasan Balita Sehat (Foundation for Mother and Child Health Indonesia)
Jl. H. Naim II No. 10
Rt. 03 Rw. 11
Cipete Utara, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12150 Indonesia
Tel. & Fax (62-21) 2172-32119
Email info@fmch-indonesia.org
Website www.fmch-indonesia.org

 

Last updated on May 30, 2012

 

Housing and schooling information for expats in Indonesia expatriate website for Indonesia Indonesian language translation of article

Practical Information for foreigners, expats and expatriates moving to Indonesia - find out about housing, schooling, transport, shopping and more to prepare you for your stay in Indonesia

Practical Information  |  Expat Forum  |  Site Map  |  Search  |  Home Page  |  Contact

 

0 Response to "Bayi Balita » Kecanduan Junk Food=Narkoba?-balita sehat ceria"

Posting Komentar