AMC: Dinas Kesehatan Agam Gelar Lomba Balita Sehat-balita sehat ceria

AMC: Dinas Kesehatan Agam Gelar Lomba <b>Balita Sehat</b>-balita sehat ceria


AMC: Dinas Kesehatan Agam Gelar Lomba <b>Balita Sehat</b>

Posted: 05 Jul 2012 03:34 AM PDT

Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, menggelar lomba balita sehat dalam rangka kegiatan untuk  peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2012 yang bertepat di aula dinas setempat, Rabu (4/7),

"Lomba balita sehat tersebut diikuti oleh 22 orang balita utusan dari masing-masing puskesmas yang ada di Kabupaten Agam," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Dr. Indra, MPPM, kepada wartawan AMC, Kamis (5/7).

Menurutnya, penyelenggaraan HAN ini bertujuan untuk mensosialisasikan tentang hak-hak anak yang telah disepakati dunia dan diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia dalam Undang-Undang Perlindung tersebut adalah mengasuh, memelihara, melindungi, serta menumbuh kembangkan  anak sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat.

Selain itu, pelaksanaan lomba ini dilatar belakangi oleh bahwa usia 0-5 tahun merupakan masa emas pertumbuhan seorang anak manusia, oleh karena itu pada fase ini seorang balita harus diberikan perhatian yang maksimal dalam membangun pertumbuhan dan perkembangannya. Dalam lomba ini diharapkan nantinya didapatkan balita-balita sehat yang selanjutnya dapat dijadikan contoh bagi balita lain yang ada disekitar tempat tinggalnya.

Lebih lanjut, menambahkan, pelaksanaan lomba balita ini bukan merupakan tujuan akhir pelaksanaan asuhan balita, tapi lebih jauh diharapkan setelah pelaksanaan lomba didapatkan peningkatan pengetahuan sikap dan perilaku ibu balita dalam melaksanakan asuhan terhadap balita pada masa yang akan datang.

"Karena yang ikut dalam lomba balita tingkat kabupaten ini sudah merupakan balita terbaik yang terpilih di wilayah puskesmas masing-masing, juga diharapkan dapat membagi informasi dan menjadi contoh bagi ibu balita lainnya," katanya.

Dengan diadakannya Lomba Balita Indonesia di Kabupaten Agam pada tahun 2012  diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pengetahuan ibu untuk memberikan asuhan, memelihara serta melindungi anaknya terhadap pertumbuhan dan perkembangan dimasa yang akan datang.

Sedangkan tujuan khusus kegiatan ini adalah pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita, menilai sejauh mana pengetrahuan ibu tentang perawatan dan pemeliharaan kesehatan anak, mengetahui adanya kelainan yang terjadi pada tumbuh kembang balita dan terpilihnya balita terbaik yang akan diutus sebagai wakil Agam pasda LBI tahun 2012 tingkat Provinsi.
   
Sedangkan saat penilaian dilakukan  mengacu kepada 5 kriteria yang sudah ditetapkan oleh panitia. Kriteria tersebut adalah kesehatan anak, kesehatan gigi anak, imunisasi anak, gizi anak dan pengetahuan ibu tentang PKK.

Berdasarkan 5 kriteria tersebut akhirnya terpilihlah 5 orang balita dengan nilai terbaik, juara 1 jatuh kepada Rachel Syafira Larisa perwakilan dari Puskesmas Magek, juara 2 adalah Zahrany Beny Bilqis perwakilan dari Puskesmas Koto Alam, juara 3 diraih oleh M. Raffi Akbar perwakilan dari Puskesmas Padang Lua, sedangkan harapan 1 dan 2 diraih oleh Yurita dari Matur dan Raka Aulia dari Palupuh. (jon/AMC)

balitasehat.net, panduan kesehatan dan tumbuh-kembang balita dan ...

Posted: 04 Jul 2012 07:33 AM PDT

balitasehat.net, panduan kesehatan dan tumbuh-kembang balita dan anak prasekolah. Berisi beragam info, tips dan artikel panduan untuk balita sehat dan cerdas.

0 Response to "AMC: Dinas Kesehatan Agam Gelar Lomba Balita Sehat-balita sehat ceria"

Posting Komentar