Blog yang Tidak Karuan: Bakteri Pneumokokus Kebal Antibiotik-balita sehat ceria

Blog yang Tidak Karuan: Bakteri Pneumokokus Kebal Antibiotik-balita sehat ceria


Blog yang Tidak Karuan: Bakteri Pneumokokus Kebal Antibiotik

Posted: 21 Jul 2010 07:43 AM PDT

Perlu Perbaikan Gizi Bagi Ibu Hamil

Posted: 21 Jul 2010 05:09 AM PDT

21 Juli 2010 | 18:57 wib | Daerah

Perlu Perbaikan Gizi Bagi Ibu Hamil

image

Semarang, CyberNews. Universitas Diponegoro menambah doktor baru di bidang ilmu kesehatan gizi. Hari ini dr Darmono SS, MPH yang dosen Bagian Gizi Fakultas Kedokteran Undip dan Kepala Instalasi Gizi RS dr Kariadi diuji disertasinya dalam rapat Senat terbuka terbatas.

Berjudul "Kajian Asupan Energi, Protein, Besi dan Status Inflamasi pada Awal Kehamilan dengan Kadar HB pada Akhir Kehamilan", antara lain diuraikan perlu perbaikan gizi sejak anak balita, anak sekolah, remaja, dan ibu yang lagi mengandung agar masyarakat sehat tercapai seperti yang termaktub dalam Millenium Development Goal (MDG) tahun 2015.

Selain hal tersebut di atas, persyaratan untuk menjadikan masyarakat sehat adalah pendidikan bagi perempuan agar dapat menata kehidupan sendiri dan memahami reproduksi sehat. "Di dalamnya tercakup pengetahuan tentang gizi yang diperlukan", kata Darmono yang juga ketua Majelis Kehormatan Disiplin Dokter Indonesia (MKDDI) Jateng tersebut

Di depan tim penguji yang dipimpin oleh Sekretaris Senat Prof Ir Sunarso, MS, oleh Darmono dikatakan perlunya pemahaman makanan lokal yang banyak mengandung energi, protein dan vitamn A. "Masalah terbesar pada ibu hamil adalah anemia yang selanjutnya diikuti kurang energi, protein dan vitamin A, juga asam folat dan seng."

Darmono yang melakukan penelitian di Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, menemukan fakta bahwa masa kehamilan trimester satu sangat kritis. Diperlukan zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun 70%-80% ibu hamil mengalami emesis (muntah) mual sehingga berdampak pada masukan zat gizi yang sangat rendah.

( Humaini AS /CN14 )

Powered by Telkomsel Blackberry


0 Response to "Blog yang Tidak Karuan: Bakteri Pneumokokus Kebal Antibiotik-balita sehat ceria"

Posting Komentar