Jumlah Penderita Diare Meningkat Setiap Tahun-balita sehat ceria

Jumlah Penderita Diare Meningkat Setiap Tahun-balita sehat ceria


Jumlah Penderita Diare Meningkat Setiap Tahun

Posted: 02 Aug 2010 02:18 AM PDT

02 Agustus 2010 | 16:09 wib | Daerah

Jumlah Penderita Diare Meningkat Setiap Tahun

Kendal, CyberNews. Kasus penderita diare di Kendal, setiap tahunnya mengalami peningkatan. Data yang didapat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, sejak tahun 2007 lalu, jumlah penderita diare terus meningkat.

Pada tahun 2007 misalnya, ada 23.376 kasus diare dan tiga penderita dinyatakan meninggal. Tahun 2008, ada 27.134 kasus dengan dua penderita dinyatakan meninggal. Sementara di tahun 2009, tercatat ada 31.618 kasus temuan diare, tanpa ada penderita yang meninggal dunia.

Dr. Riskiyana, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal menuturkan, faktor bertambahnya jumlah penduduk menjadi salah satu sebab terus naiknya kasus penderita diare setiap tahun.

"Sebagian besar penderita adalah bayi dan balita. Untuk tahun 2010, kita belum berani mengeluarkan data. Yang jelas, kasus kematian bayi dan balita di seluruh Indonesia, diare memang menjadi salah satu penyebab paling banyak," katanya.

Menurutnya, ada banyak faktor yang membuat penyakit diare mudah menyerang balita dan bayi. Di antaranya adalah faktor pendidikan masyarakat, ekonomi dan pengetahuan masyarakat atas kesehatan.

"Namun untuk mempermudah pemahaman, ada empat F yang kita anggap sebagai faktor utama. Yaitu Food (makanan), Fly (lalat), Feces (maksudnya kesediaan WC pribadi) dan Finger (jari)," papar dia.

Dari data yang dia miliki, ada 12 Puskesmas dari sembilan kecamatan di Kendal yang pada beberapa tahun terakhir banyak ditemukan kasus diare. Sembilan kecamatan itu adalah Kecamatan Limbangan, Brangsong, Rowosari, Gemuh, Ringinarum, Ngampel, Kangkung, Patebon dan Kendal.

Sebagai upaya penanganan, pihaknya akan berusaha mengajak beberapa pihak untuk upaya merubah perilaku masyarakat agar bisa menerapkan pola hidup sehat.

( Lanang Wibisono /CN26 )

Powered by Telkomsel Blackberry


Empat Hak Anak di Masa Pertumbuhan

Posted: 01 Aug 2010 08:05 PM PDT

Tumbuh kembang balita Anda, ditentukan oleh kesehatan lahir dan batin orangtuanya.

0 Response to "Jumlah Penderita Diare Meningkat Setiap Tahun-balita sehat ceria"

Posting Komentar