Rakyat Pos › M. Faqih Raih Juara Balita Sehat 2010-balita sehat ceria

Rakyat Pos › M. Faqih Raih Juara <b>Balita Sehat</b> 2010-balita sehat ceria


Rakyat Pos › M. Faqih Raih Juara <b>Balita Sehat</b> 2010

Posted: 06 Aug 2010 09:48 AM PDT


3 kali dibaca

SUNGAILIAT – Muhammad Faqih Muqodam (8 bulan), putra dari pasangan suami istri Darul Utni (23) dan Siti Anbia (23), warga Desa Petaling Kecamatan Mendo Barat keluar sebagai juara 1 pada Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LSBI) kategori usia 6–24 bulan tingkat Kabupaten Bangka tahun 2010. Perlombaan diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka di RS Almah, Kamis (5/8) kemarin.
Siti Anbia menuturkan senang karena anaknya keluar sebagai juara 1 pada LSBI untuk kategori usia 6–24 bulan tingkat Kabupaten Bangka tahun 2010. Untuk makanan bayinya, setiap hari anaknya diberi bubur buatan sendiri dan ditunjang oleh ASI juga air putih. Anaknya belum pernah mengkonsumsi susu formula.
Putra pertama pasangan yang hanya tamatan SMP itu memang terlihat sehat dan bugar. Dalam pola makan dan asuh, diakui Siti Anbia, tidak berbeda dengan balita pada umumnya. Hanya saja ketika mengandung anaknya, dia rutin memeriksakan diri ke bidan desa.
Nurita selaku dewan juri LSBI Kabupaten Bangka tahun 2010 usai acara mengatakan, yang dinilai dari balita tersebut adalah fisiknya, mulut, tumbuh kembangnya, imunisasi, keluarga berencana dan pemeriksaan ibu sejak dari hamil.
"Lomba ini memang diprioritaskan bagi para ibu–ibu rumah tangga yang ada di desa–desa, di mana tingkat pendidikannya masih rendah. Kalau di kota rata–rata para ibu sudah mengerti dan peduli terhadap kesehatan bayinya. Jadi kita bisa melihat, meskipun hanya sebagai IRT tapi ibu–ibu di desa yang memiliki bayi sehat ternyata bisa mendidik dan merawat balita dengan baik," tukas Nurita.
Dia mengimbau para ibu yang berada di desa untuk selalu membawa balitanya ke posyandu setiap bulan. Sehingga dapat mengetahui tumbuh kembang balitanya. Untuk menunjang pertumbuhannya, sebaiknya balita diberikan ASI ekslusif dari usia 0–6 bulan. Tapi kalau diberikan sampai 2 tahun akan lebih baik lagi. Sebisa mungkin balita tidak diberikan susu formula.
Dalam perlombaan itu hadir, Dirut RS. Almah, Dr. Jirjis Ridlo, Assisten III Sekda Bangka, M. Nasir Hasan, Kabag Kesra H. Sutrisno, Kepala Dinkes Bangka Drg. Mulyono S, Ketua Tim Penggerak PKK, Pengurus Ikatan Bidan Indonesia serta para orangtua dan balita peserta LSBI perwakilan dari setiap kecamatan di Kabupaten Bangka. (snt/6)

Anak Manja Boleh tapi Ada Batasnya

Posted: 05 Aug 2010 10:49 PM PDT

Mengikuti kemauan anak memang sah-sah saja. Tetapi kalau sudah lewat masa balita tetapi masih suka merengek dan mengamuk jika keinginannya tidak terpenuhi, itu namanya anak manja. (Foto: Google)

0 Response to "Rakyat Pos › M. Faqih Raih Juara Balita Sehat 2010-balita sehat ceria"

Posting Komentar